Close
Close

Kapolres Dorong Pemindahan Samsat ke Bursel

Namrole, SBS
Kepala Kepolisian Resor ( Kapolres ) Buru Selatan ( Bursel ) Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) M Agung Gumilar mendorong Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bursel, untuk segera memindahkan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat ) di Kota Ambon ke Kabupaten Bursel. 

Hal ini di lakukan sebagai upaya membantu Pemkab Bursel untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) khususnya dari pajak kendaraan bermotor. Dimana, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBNKB ) selama ini tidak ada satu pun pajak yang masuk ke Pemkab Bursel. 

" Hari ini Jumat, 7 Juni 2024 kita mengundang Pemkab dan Samsat Kabupaten Bursel untuk mengadakan rapat. Rapat tersebut membahas pencabutan berkas kendaraan dari Samsat Ambon ke Samsat Namrole. Sehingga, pelayanan Samsat dapat dilakukan secara optimal di Kabupaten Bursel dan nantinya dapat memudahkan masyarakat melakukan kewajibannya membayar pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor, " kata Agung, kepada media ini, Jumat, 7 Juni 2024, di ruang kerjanya. 


Dimana untuk saat ini, kita ketahui bersama, khususnya pajak kendaraan masih di Samsat kota Ambon, sehingga menjadi kendala yang menyulitkan masyarakat Bursel untuk melaksanakan kewajibannya, khususnya dalam membayar pajak kendaraan. Selain itu tidak ada pajak satu pun yang masuk untuk Pemkab Bursel. 

" Dengan pemindahan Samsat ke Bursel, dari sektor pajak kendaraan tentunya akan meningkatkan PAD Kabupaten Bursel. Hal tersebut menjadi komitmen kami Polres Bursel untuk membantu peningkatan pembangunan di Kabupaten Bursel, " ujar anak bungsu dari enam bersaudara ini. 

Menurutnya, dalam rapat tadi sudah kami sepakati apa saja yang harus di lengkapi, sehingga apa saja yang selama ini di laksanakan di Samsat Ambon, bisa di alihkan untuk dilaksanakan di Samsat Bursel.

" Pemkab Bursel sangat mengapresiasi usulan Polres Bursel tersebut. Pemda sangat mengapresiasi akan melengkapi dan akan melaksanakan rapat khusus dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) terkait nomenklatur dan surat administrasi lainnya yang akan di lengkapi dalam rangka pemindahan pelayanan Samsat di Ambon ke Bursel. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, pelayanan bisa di laksanakan di sini, " tutur orang nomor satu di Polres Bursel ini. 


Ia mengaku, mereview realisasi pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan di beberapa daerah, contohnya di Kabupaten Merauke itu per tahunnya 58 M, bahkan bisa sampai ratusan Miliar, sehingga terus mendorong Pemkab Bursel untuk dapat segera memindahkan Samsat di Bursel. 

Pihaknya berharap sebagai Kabupaten baru, bersama Polres Bursel yang baru beroperasi sekitar setahun lebih tentunya kita akan mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat berikut juga pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan. 

" Harapan kami, terkait dengan peningkatan pelayanan masyarakat dan pembangunan di Kabupaten, tentunya harus ada kerja sama yang baik dan soliditas antar stake holder yang ada di Bursel. Sehingga pemindahan Samsat bisa di realisasikan. Tentunya dengan saling mengetahui tugasnya masing-masing. Kami juga akan mendorong  apa yang kami harus lakukan, sehingga gayung bersambut, tentunya untuk kepentingan masyarakat dalam rangka harkamtibmas di Kabupaten Bursel," tandasnya. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post