Close
Close

21 Awak Kapal Mitra Tomini 03 Selamat Dari Laka Laut


Namrole, SBS

Sebanyak 21 awak kapal Mitra Tomini 03 di nyatakan selamat dari kecelakaan laut, yang terjadi pada Rabu 13 Maret 2024, di antara Desa Nalbesy dan Desa Leksula, Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ), pada pukul 13.00 waktu setempat. 

Demikian di kemukakan Kepala Kepolisian Resor ( Kapolres ) Bursel Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) M Agung Gumilar, kepada awak media, Kamis, 14 Maret 2024, via rilis yang di terima media ini.

Menurut Agung, berdasarkan keterangan kapten kapal Mitra Tomini 03, Fani Bomulo, pada Rabu, 13 Maret 2024 pukul 07.00 sampai pukul 12.00 WIT dengan jarak 7 Mil dari Garis pantai saat itu seluruh awak kapal sementara menangkap ikan dengan menggunakan jaring. Setelah dilakukan pekerjaan dimaksud. 

"Kapal Mitra Tomini 03 GT 29 beserta para awak kapal hendak berangkat menuju Pantai Namrole, namun dalam perjalanan sekitar pukul 13.00 WIT, tepatnya di laut antara Desa Nalbesy dan Desa Leksula telah terjadi angin kencang hingga mengakibatkan ombak besar yang mengakibatkan air masuk pada palka kapal, melihat kondisi dimaksud, selanjutnya saya dan seluruh ABK langsung mengenakan Life Jacket, setelah itu langsung melompat dan menuju Speed Boat., " kata Gumilar. 

Sarjana Ilmu Kepolisian ini menyebut, setelah menyelamatkan diri dengan speed boat, seluruh ABK langsung menuju daratan tepatnya di Desa Kase, Kecamatan Leksula pada pukul 18.00 WIT. Saat ini, seluruh awak kapal Mitra Tomini 03 yang berjumlah 21 orang dalam keadaan selamat. Kapten kapal dan ABK telah berkoordinasi dengan pengelola  Mitra Tomini 03 untuk mendapatkan jaminan transportasi agar dapat kembali ke daerah asal.

Orang nomor satu di Polres Bursel ini mengaku, seluruh awak kapal tersebut direncanakan seluruh pada pukul 22.00 WIT,  akan berangkat dengan kapal Leuser menuju pelabuhan Ambon. Sembari menunggu kapal, seluruh awak kapal sementara tinggal di Koperasi perikanan tuna Piai Desa Labuang.

" Akibat dari kejadian laka laut ini, telah menelan kerugian materiil senilai 1,5 Miliar Rupiah, " ujar anak guru ini. 

Terpisah, Kapolsek Leksula Inspektur Satu ( Iptu ) Donal Johanis Ilely, membeberkan bahwa pada Kamis, 14 Maret 2024 pukul 11.00 WIT, di peroleh informasi terjadi Kecelakaan Kapal Bobo KM Mitra Tomini 03 asal Seram Geser milik Ko Edi ( bos kapal Araya ), dari Wakil Kapten kapal Suwito. 

" Kapal tersebut, pada Rabu, 13 Maret 2024 sekitar jam 05.30 Wit melaksanakan jaring ikan /Bobo di bagang milik La aman nelayan asal Namrole, dengan jarak 12 mil dari daratan Namrole. Setelah selesai melaksanakan bobo/jaring ikan kapal KM Mitra Tomini kembali ke Namrole namun di tengah perjalanan 7 mil dari daratan Namrole kapal di hantam oleh ombak dari kiri dan kanan yang di akibatkan oleh cuaca buruk dan angin kencang sehingga menyebabkan kapal KM Mitra Tomini tenggelam," ujar Ilely, via pesan whats appnya. 

Donal membeberkan, setelah kapal tenggelam seluruh ABK menyelamatkan diri dengan sekoci /speed boat yang berada di kapal dan pada jam 16.00 WIT, seluruh ABK yang berjumlah 21 orang, tiba di Desa Kase dalam keadaan selamat. Saat ini, wakil kapten kapal sementara berada di kediaman Hayono Sanimu, di Desa Nalbesy dalam keadaan sehat, 

" Selanjutnya, seluruh ABK yang berjumlah 20 Orang telah berangkat ke Namrole di antar oleh Onto Leskona masyarakat Desa Kase dan sementara berada di Desa Labuang pada kediaman Ahmad Sanimu, " kata orang nomor satu di Polsek Leksula ini. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post