Close
Close

PSI Bursel Targetkan Satu Fraksi Utuh

Namrole, SuaraBS_Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Sami Latbual,  menargetkan satu fraksi utuh, pada perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. 


"Semua orang punya target, semua partai politik pasti punya target, PSI hadir tidak dengan target muluk-muluk tapi dengan target satu fraksi utuh di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bursel, " Kata Latbual, saat jumpa pers, seusai pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Jumat, 12 Mei 2023, di Media Center, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bursel. 


Saat di dampinggi Sekretaris PSI La Ode Hasrul Bendahara PSI Wa Aci, Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Elvis Charles Lahallo, Juru Bicara (Jubir) PSI Phelipus Latbual dan fungsionaris partai serta bacaleg lainnya, mantan anggota DPRD Bursel ini, yakin dengan kekuatan penuh putra putri terbaik Bursel, siap mendulang suara yang signifikan.


"Sebab, politisi-politisi perempuan yang hadir sebagai Bacaleg tidak hanya sebagai syarat memenuhi aturan perundang-undangan, tetapi mereka merupakan petarung-petarung yang siap bertarung sengit dengan laki-laki, " Ujar Sami. 


Sebab, dalam perekrutan Bacaleg di publikasikan secara terbuka pada akun PSI di media sosial, bukan untuk maksud pamer, tetapi untuk mendapatkan saran apakah bacaleg yang mendaftar memiliki rekam jejak yang baik ataukah pernah tersangkut masalah hukum. 

"Puji Syukur, semua bacaleg kami tidak memiliki masalah hukum dan memiliki rekam jejak dan kapabilitas yang baik, " Kata Latbual. 


Menurutnya, meski PSI merupakan partai yang terbilang baru, dan belum memiliki kursi di DPRD. Namun, PSI telah melakukan pembagian sembako dan minyak tanah gratis bagi masyarakat ekonomi lemah di beberapa desa yang tersebar di enam Kecamatan di Kabupaten Bursel. 


Selain itu, PSI juga sudah meluncurkan program bantuan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) atau industri rumahan, yang kesulitan dalam modal. PSI siap melakukan pendampingan dan memberikan modal sepanjang PSI melakukan survei dan itu memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan. 


"Bantuan itu kami berikan secara gratis sebab itu merupakan tanggung jawab parpol dalam membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan, " Tutur Sarjana Hukum ini. 


Mantan Wartawan ini juga membeberkan, metode dan gaya  baru dan mungkin hanya satu-satunya partai yang membuat kesepakatan tertulis yakni Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang menang wajib memberdayakan yang belum terpilih. 


"Artinya PSI tidak membiarkan para kadernya yang bekerja secara bersama-sama, tidak di perhatikan nantinya. Namun, bagi siapapun yang terpilih nantinya sebagai anggota DPRD, wajib hukumnya untuk memberdayakan teman-teman yang lain," Kata Latbual.  


Itu merupakan kelebihan dari PSI dan yang kedua, ketika kader PSI terpilih sebagai anggota DPRD Bursel tidak memotong sepeserpun gajinya kepada partai politik tapi diberikan penuh kepada anggota DPRD untuk memperhatikan konstituennya di masyarakat. 


Sementara untuk perolehan nomor urut peserta, dirinya mengaku, baru pertama kali terjadi di Kabupaten Bursel, seorang Ketua DPD memperoleh nomor urut terakhir dalam penomoran. 


"Itu menandakan, nomor urut bukanlah jaminan memperoleh kursi, tetapi semangat kerja keraslah untuk meraih suara terbanyak yang nantinya membawa seseorang menduduki anggota DPRD, " Ujar mantan Ketua DPC PDIP Bursel ini. 


Pantauan wartawan media ini, saat rombongan Bacaleg PSI yang mendatangi KPU Bursel dengan berjalan kaki dari sekretariat di dampingi tokoh adat lengkap dengan atribut adat, saat tiba di kantor KPU Bursel PSI di sambut oleh Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw, beserta ke empat anggota KPU lainnya, Sekretaris KPU Abdurahman Nunlehu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bursel Umar Alkatiri dan komisioner Bawaslu Husen Pune. 


Setelah pemeriksaan data fisik dan data elektronik di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) di periksa verivikator KPU, disaksikan oleh komisioner KPU dan Bawaslu, akhirnya berkas Bacaleg PSI dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. 


Yang unik dari pendaftaran yang dilakukan PSI dengan menyajikan siri dan pinang untuk di cicipi sebagai bentuk solidaritas antara PSI, KPU dan Bawaslu. 


Rombongan Bacaleg paska berkasnya di nyatakan lengkap dan memenuhi syarat, kembali dengan melakukan long march bersama kader dan simpatisan menuju sekretariat yang berada di Desa Kamlanglale, Kecamatan Namrole. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post