Close
Close

Sambut Ramadhan 1445 H, Polres Bursel Gelar Apel Operasi Keselamatan Salawaku 2024

Namrole, SBS
Menyambut bulan suci ramadhan 1445 Hijriah, Kepolisian Resor ( Polres ) Buru Selatan ( Bursel ) menggelar apel operasi keselamatan Salawaku 2024, yang dilaksanakan pada Sabtu, 2 Maret 2024, pukul 10.00 WIT, di lapangan apel gelar pasukan Polres Bursel. 

Dalam apel Operasi kewilayahan dengan sandi Operasi keselamatan Salawaku 2024, bertindak sebagai Komandan Apel Kepala SPKT Inspektur Dua ( Ipda ) Arya Daffa Rahmadina Putra dan Inspektur Apel Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) M Agung Gumilar. 

Sementara itu, dalam amanat Kepala Kepolisian Daerah ( Kapolda ) Maluku yang di bacakan Inspektur Apel, saat apel gelar pasukan di gelar menyebut, Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024 yang akan dilaksanakan selama 14 hari mulai dari 4 sampai 17 Maret 2024, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tema " Keselamatan Berlalu Lintas Guna terwujudnya Indonesia Maju ".

" Operasi Keselamatan Salawaku Tahun 2024 bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG), dan Gangguan Nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sebelum, pada saat dan paska Operasi Keselamatan Salawaku 2024," ujar Gumilar.

Menurut orang nomor satu di Polres Bursel ini, Operasi keselamatan Salawaku merupakan jenis operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas. Dalam Apel Gelar pasukan ini juga akan dilaksanakan pencanangan aksi keselamatan jalan secara serentak yang melibatkan para pelajar mahasiswa, driver Ojol dan elemen masyarakat agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas dalam berkendaraan serta mengutamakan keselamatan berlalu lintas. 

Sebab, berdasarkan data korlantas Kepolisian Republik Indonesia ( Polri ) pada periode 1 Januari 2023 sampai dengan 28 Februari 2024 terdapat jumlah kasus lakalantas sebanyak 463 kasus dimana 60 kasus diantaranya merupakan kasus laka lantas yang disebabkan oleh pelanggaran batas kecepatan dan atau balap liar yang mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 26 orang, luka berat 27 orang, luka ringan 34 orang dan kerugian material. 

Agung mengaku, oleh karena itu dalam menyikapi aksi balap Liar yang semakin marak, Polda Maluku telah melakukan tindakan tegas sesuai dengan kewenangan hukum yang dimiliki Polri. Hal ini dengan tujuan untuk melindungi keselamatan masyarakat dan pengguna jalan lainnya dari aksi balap liar tersebut. 

Pencanangan ditandai dengan penyematan pita operasi keselamatan Salawaku yang di sematkan oleh Kapolres Bursel kepada perwakilan yakni Brigadir satu ( Briptu ) Alvian Soplestunny, ( Brigadir Dua ( Bripda ) Wahyu Sulistyo, Prajurit Satu ( Pratu ) Aristo Erumkuy.


Apel operasi Keselamatan Salawaku dihadiri oleh PJU dan Perwira Polres Bursel, turut hadir Peserta Upacara satu SSR Anggota Kompi C 735 Nawasena, satu SSR pers Sat Samapta Polres Bursel, satu SSR Pers Sat Lantas Polres Bursel, satu SSR gabungan Personil staf Polres Bursel, satu SSR Bintara Remaja angkatan 49, dan dua SSR Pramuka SMA/SMK Bursel. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post