Close
Close

Polres Bursel Bersihkan TPU

Namrole, SBS - Kepolisian Resor Buru Selatan (Bursel) di bawah komando Kepala Kepolisian Resor (Kapolres)) Bursel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Agung Gumilar, Sabtu, 20 Januari 2024, kembali menyempatkan aksi bersih lingkungan, di tengah kesibukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024. Kali ini bersih lingkungan di pusatkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Elfule. 

"Hari ini Polres Bursel kembali menggelar Polri peduli kebersihan di wilayah hukum Bursel, yang sasarannya spesifik di TPU Desa Elfule, " Ujar Kapolres, kepada media ini, seusai aksi bersih TPU, di Desa Elfule, Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel. 

Menurut Agung, aksi yang dilaksanakan adalah amanat rakyat dan pimpinan Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) untuk terjun langsung bersama warga dalam rangka Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kambtibmas), salah satunya menjaga kebersihan.

Dimana, apabila kebersihan tidak kita pelihara akan berpotensi pada gangguan kamtibmas di wilayah hukum polres Bursel. "Meskipun saat ini kami tengah melakukan pengamanan pemilu tetapi meluangkan waktu untuk berbaur dengan masyarakat sekaligus membentuk cooling sistem, edukasi sehingga ke depan kita bisa damai aman dan nyaman, " Tutur Gumilar.

Orang nomor satu di Polres Bursel ini menjadikan aksi bersih lingkungan menjadi kegiatan rutin Polres Bursel yang bersinergi dengan masyarakat desa, bukan hanya di Desa Elfule saja, tetapi desa lain juga yang ada dalam wilayah hukum Polres Bursel. 

Pria dengan dua melati emas di pundak ini mengaku, meskipun Polres Bursel merupakan polres baru dan personel masih terbatas, untuk Desa yang ada di dalam Kota Kabupaten, aksi bersih lingkungan akan dilaksanakan langsung oleh Polres Bursel. Sedangkan yang di luar Kecamatan pelaksanaannya adalah Kepolisian Sektor (Polsek) setempat. 

"Harapan kami ke depan Pemda Bursel melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga dapat lebih bersinergi dan meningkatkan pelayanan l, khususnya yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan, " Kata Sarjana Ilmu Kepolisian ini. 

Sementara itu, Penjabat Kades Elfule Jafar Titawael sangat antusias dengan aksi bersih lingkungan yang di gelar Polres Bursel saat ini. 

"Saya bersyukur dengan adanya saling kerja sama dengan Polres Bursel melalui kegiatan seperti ini. Ke depan kita akan lebih meningkatkan sinergitas dengan Polres Bursel untuk melihat kekurangan yang ada pada desa saya, khususnya pada kebersihan dan kamtibmas, " Ujar Titawael. 

Terpisah, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Bursel Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yusuf Ali mengaku bahwa, kegiatan bersih lingkungan yang kali ini di pusatkan di TPU Desa Elfule, lantaran rumput yang ada di halaman TPU sudah sangat tinggi. Selain itu, merupakan cooling system antara polisi dan masyarakat dalam rangka mencegah konflik di tengah masyarakat, melalui aksi peduli kebersihan lingkungan ini. 

Menurut Kasat Binmas Polres Bursel ini, Cooling system ini adalah bagaimana kita sebagai bangsa Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bursel, menciptakan situasi yang kondusif di tengah-tengah masyarakat menuju pemilu 14 Februari 2024 yang pelaksanaannya kurang 24 hari lagi. 

"Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat sehingga pada bulan puasa ramadhan 2024 masyarakat dapat merasa nyaman di tengah ziarah kubur menjelang puasa ramadhan. Terima kasih juga kepada seluruh warga atas bantuan dan kehadirannya dalam menciptakan kamtibmas yang selama ini sudah aman, tertib dan damai, " Tutur Ali. 

Pantauan media ini, aksi bersih lingkungan pun melibatkan para pejabat utama Polres Bursel. Dimana, mereka pun turun langsung membersihkan lokasi di halaman TPU,  maupun di luar dengan menggunakan parang, dan mesin potong rumput. Aksi ini juga melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Elfule Sersan Dua (Serda) Nasir Rumahulis, dan sejumlah masyarakat Desa Elfule. Aksi yang di mulai dari sekitar pukul 08.10 WIT dapat berakhir pada pukul 10.10 WIT. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post