Close
Close

Polres Gencarkan Pencegahan Pungli di Bursel

Namrole, SBS
Satgas Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kepolisian Resor Buru Selatan (Polres Bursel) gencarkan pencegahan pungli di Kabupaten yang baru berusia 15 tahun ini, dengan menggelar sosialisasi di Desa Waekatin, Kecamatan Fena Fafan dan Desa Leksula, Kecamatan Leksula, Selasa, 21 November 2023 lalu. 

Tim Satgas Pokja Pencegahan UPP Saber Pungli Kabupaten Bursel yang diketuai Wakapolres Bursel Kompol Noovy E A Sapulette dalam sosialisasi menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini rutin dilaksanakan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah (Lingkup) Kabupaten Bursel, termasuk kecamatan serta pelayanan publik yang berada didalamnya.

Ketua UPP Saber Pungli Komisaris Polisi (Kompol) Noovy Sapulette menegaskan, bahwa Saber Pungli memiliki tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien.

"Pada prinsipnya setiap sosialisasi di kecamatan, kami berharap agar Kabupaten Bursel bebas pungutan liar (pungli) dan juga dapat menyelenggarakan pelayanan publik yang maksimal dan terwujud secara prima. Sejauh ini para Kepala Desa (Kades) merespon semuanya dan kegiatan berjalan dengan baik,” Tutur Kompol Noovy E A Sapulette.

Menurutnya, pungli dalam pelayanan publik,  dapat dicegah melalui pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan pelaksana. Tentunya untuk meningkatkan integritas serta profesionalitas petugas di lapangan agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang atau menyalahi prosedur/ketentuan yang sudah ditetapkan.

"Kuncinya dalam pelaksanaan pelayanan publik yang baik dan maksimal, tentunya perlu pengawasan dari masing-masing user yang ada, kalau di tingkat kecamatan oleh sub koordinator yang ada," ujar Perwira dengan satu melati di pundak ini. 

Sementara itu, Camat Fena Fafan Isack Solissa dalam sambutannya, sekaligus membuka acara sosialisasi, mengapresiasi hadirnya tim Satgas UPP Saber Pungli Kabupaten Bursel dalam kegiatan Sosialisasi kali ini.

Solissa menyebut, materi yang disampaikan dapat meningkatkan pengetahuan serta kualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Fena Fafan agar lebih baik dan lebih berhati-hati lagi.

"Tentunya, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mencegah dan memberantas terjadinya praktik pungli tersebut. Informasi yang kami dapatkan hari ini menjadi panduan untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat, juga menjauhkan stigma negatif bahwa pelayanan di Kecamatan itu sulit," ujar Isack. 

Kegiatan Sosialisasi Saber Pungli di Desa Waekatin Kecamatan Fena Fafan dihadiri Wakapolres Bursel Kompol Noovy E.A Sapulette, Penjabat Kades se-Kecamatan Fena Fafan dan Para Kepala Sekolah (Kepsek) SD/SMP/SMA se-Kecamatan Fena Fafan

Dimana sosialisasi ini menghadirkan narasumber yakni,  Camat Fena Fafan Isack Solissa; Kasubag Perencanaan Inspektorat, Jafar, SD PPUPD Inspektorat Marles Hukunala, Kasubbag Keuangan Inspektorat Kabupaten Bursel Dahlan Namkatu.

Seusai melakukan sosialisasi di Desa Waekatin Kecamatan Fena Fafan pada pukul 13.10 WIT, Tim menuju ke desa Tifu, Kec. Leksula, Kabupaten Bursel dengan mobil, kemudian tim menuju ke Desa Leksula menggunakan speed boat. 

Setelah tiba di Leksula tim menuju Kantor Camat Leksula, dimana para undangan telah hadir untuk kegiatan sosialisasi Saber Pungli dimaksud.

Dalam sambutannya, Sekcam Leksula Mulyana Ambo, membacakan amanat Bupati Bursel Safitri Soulissa, sekaligus membuka acara sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan materi sosialisasi oleh Wakapolres Bursel  selaku ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Bursel, yang memberikan sosialisasi mengenai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Inspektur Kabupaten Bursel Ismed Thio, dan PPUPD Inspektorat Kabupaten Bursel Marles Hukunala. 

Turut hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber, Ketua UPP Satgas Saber Pungli Kabupaten Bursel Wakapolres, Inspektur Kabupaten Bursel Ismed Thio, Sekcam Kecamatan Leksula Mulyana Ambo, Marles Hukunala, PPUPD Inspektorat Kabupaten Bursel serta tamu undangan lainnya. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post