Close
Close

Pemkab Bursel Upayakan Penambahan Kuota Haji Setiap Tahun

Namrole, SBS
Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Buru Selatan ( Bursel ) akan terus meningkatkan perannya dalam mengupayakan penambahan kuota haji  setiap tahun. 

" Terkait dengan peran Pemkab Bursel kedepannya, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu pelayanan dan akan terus berupaya setiap tahunnya untuk penambahan kuota jamaah haji di Kabupaten Bursel, " ujar Bupati Kabupaten Bursel Safitri Malik Soulissa, dalam sambutannya yang di bacakan Asisten II Setda Bursel Hadi Longa, pada pelepasan 40 jamaah calon haji musim haji 1445 H/2024 M, yang tergabung dalam kloter 32, Kamis, 30 Mei 2024, di Aula gedung serbaguna Namrole.

Menurutnya, acara pelepasan jamaah calon haji Kabupaten Bursel yang direncanakan pada Sabtu, 1 Juni 2024 akan menuju embarkasi haji antara Makassar serta selanjutnya pada hari yang sama akan di berangkatkan menuju tanah suci.

" Keberangkatan bapak ibu yang akan dilepas hari ini, adalah sesuatu yang patut di syukuri dan sudah seharusnya kesempatan menunaikan ibadah haji ini dipergunakan untuk beribadah semaksimal mungkin dengan selalu menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh, mengingat ibadah haji bukan sekedar ibadah spiritual/ batin saja melainkan ibadah lahir, yang memerlukan kemampuan fisik yang prima, " tutur Malik.

Bupati perempuan pertama di Bursel ini menyebut, tidak semua kaum muslimin yang di panggil oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci. Bapak ibu yang di panggil tahun ini adalah orang-orang terpilih. Untuk itu harus benar-benar melaksanakan dan memenuhi berbagai tuntutan manasik yang telah disampaikan dan di terima dalam berbagai kegiatan pembinaan manasik sebelumnya, termasuk yang diadakan oleh pemerintah daerah melalui bagian kesra dan kementrian agama Kabupaten Bursel. 

" Semoga kesempatan tahun ini, dapat mewujudkan keinginan bapak ibu sekalian untuk meraih dan mencapai derajat haji mabrur dan mabruroh, " ujar Safitri. 

Orang nomor satu di Fuka Bipolo ini, mengingatkan para jamaah calon haji, bahwa selain menunaikan rukun islam ke lima, kepergian bapak ibu sekalian merupakan duta bangsa, olehnya itu harus senantiasa menjaga nama baik daerah, bangsa dan negara. 

" Saya berpesan kepada seluruh jamaah, untuk selalu mentaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah, sehingga dapat mengikuti rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Taatilah ketua rombongan, ketua regu serta petugas haji yang membantu menuntun bapak ibu dalam melaksanakan ibadah haji. Sehingga saya berharap bapak ibu jamaah calon haji Bursel dapat kembali ke tanah air dan berkumpul kembali dengan sanak saudara dalam keadaan sehat walafiat, " kata mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Provinsi Maluku ini. 

Dirinya juga berharap, kiranya jemaah haji kabupaten Bursel bisa menjadi suri teladan bagi jemaah dari daerah-daerah lain dan ucapan terima kasih kepada kementrian agama sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ibadah haji, semoga koordinasi selalu di tingkatkan demi pelayanan maksimal bagi masyarakat, " 

Sementara itu laporan panitia yang di bacakan oleh Kepala Kantor Departeman Agama ( Kakandepag ) Kabupaten Bursel Raba La Embo menyebut tahun ini kuota haji Kabupaten Bursel kuota reguler 43 orang, kuota lansia enam orang dan kuota cadangan 14 orang. Yang dapat melakukan pelunasan 44 jamaah, tetapi dua telah meninggal dunia atas nama Sabtu Ode Samura dan Napsia Kelmuri, sehingga berjumlah 42 jamaah, yang terdiri dari laki-laki 17 jamaah dan perempuan 25 jamaah. 

"Ke 42 Jamaah calon haji terbagi dua kloter. Dua jamaah bergabung dengan kloter 27 atas nama Aisa Soulissa dan Fatma Soulissa hari ini mereka masuk asrama haji Waeheru dan berangkat ke Makassar Jumat, 31 Mei 2024  pukul 13.00 dan pukul 20.05 di berangkatkan ke Arab Saudi, " ujar La Embo.. 

Pihaknya merinci Jamaah yang akan di lepas hari ini berjumlah 40, dengan rincian sebagai berikut, Kecamatan Namrole 28 Jamaah, kecamatan Waesama tujuh jamaah Kecamatan Ambalau tiga jamaah dan Kecamatan Leksula dua jamaah. 

Sementara itu, 40 jamaah akan di berangkatkan dari Namrole, Sabtu, 1 Juni 2024 menggunakan pesawat trigana tujuan Ambon dan istirahat dua hari di Penginapan Cahaya. Senin, 3 Juni pukul 14.00 masuk asrama haji Waeheru, berangkat ke Makassar Selasa, 4 Juni 2024 pukul 03.20 menggunakan pesawat JT 3781 tiba di Makassar pukul 04.00 kemudian berangkat ke Arab Saudi Selasa, 4 Juni 2024 pukul 08.10 WITa. Tiba di Jeddah bandara internasional King Abdul Aziz pukul 13.55 WAS menggunakan pesawat Garuda 1132 dengan jumlah jamaah 185 dari Maluku. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post